Bahagia itu sederhana.. terhambur begitu saja di Gunung, Pantai, dan Senja..

Sunday, April 29, 2012

Sepenggal Cerita di Tanah Nusa Tenggara (part 3)

25-februari-2012

"Dengan bangga mereka menyebutnya, Gili Trawangan"

Satu bulan sudah aku di nusa tenggara, jenuh? Bohong besar jika aku bilang tidak.
Jumat malam, 24-februari-2012, aku naik bis dari sumbawa menuju lombok, menyebrangi lautan dengan kapal ferry.. Butuh waktu 6 jam untuk sampai ke mataram..

Aku berlomba-lomba dengan sang surya, siapa yang lebih dahulu menyapa kota. Tentu saja aku pemenangnya, aku bahkan terjaga dari sebelum fajar tiba.

Pagi-pagi sekali aku sudah bersiap, menuju pelabuhan bangsal, lombok utara. Ada 2 jalur menuju pelabuhan bangsal dari mataram, lewat gunung sari atau pantai senggigi. Jika lewat gunung sari, kau akan melewati rerimbunan hutan yang asri, dan melihat banyak monyet-monyet liar di pinggir jalan. Jika lewat pantai senggigi, sepanjang jalur kau akan menyusuri garis pantai, barat pulau lombok, bukan main indahnya. Aku memilih lewat jalur pantai senggigi untuk jalur pergi, dan lewat gunung sari untuk jalur pulang.

Jam 10 lewat, aku sampai di pelabuhan bangsal. Ada 3 pilihan perjalanan dari sini, gili air, gili meno, atau gili trawangan. Untuk yang masih asing dengan "gili", mungkin bisa di liat di google earth, 3 pulau kecil di sebelah utara, atau mungkin lebih tepatnya timur laut pulau lombok, nah itulah 3 gili itu.

Baru saja tiba di pelabuhan, orang-orang kapal sudah mendatangiku, "gili trawangan mas? Ayo 10 ribu", aku langsung naik ke kapal kecil, yang di penuhi dengan sayur-sayuran, lauk-pauk, ikan, milik penduduk lokal beserta 2 orang turis dari skotlandia (pengakuan mereka). Ombak tidak begitu besar, malahan lebih menegangkan sewaktu aku ke pulau temajok (pulau kecil di sebelah barat kalimantan barat)


40 menit kemudian...

"Welcome To Gili Trawangan"

Lagi, lagi dan lagi.. Aku tertipu oleh alam nusa tenggara. Bulan lalu aku ke pantai senggigi, aku pikir, senggigi adalah pantai terindah, lalu aku pergi ke sumbawa, menjamah pantai-pantai di pinggiran sumbawa barat, pantai maluk, pantai tropi, dan aku langsung berpikir, tropi is the most beautiful beach I ever seen.. Dan sekarang, I'm totally wrong.. I'm speechless, nothing I can say.. Aku kira ini bukanlah lautan, lebih tepat jika aku bilang kolam renang yang sangat luas. Biru muda, biru tua, karang, kapal-kapal kecil. Ingin sebenarnya aku teriak, HEIII.. LIHATLAH, INILAH INDONESIA!!! WHAT A VERY BEAUTIFULL COUNTRY I HAVE!!!


Kakiku sudah tak sabar ingin masuk ke "kolam renang raksasa" ini. Ikan-ikan kecil sudah memanggil-manggil dari dalam air..


-bersambung-

2 comments:

  1. tanya lagi, itu dari Sengigi ke Pelabuhan naik apa De? :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke pelabuhan mana nih bro?
      Pelabuhan bangsal? Yang buat nyebrang ke gili?
      Itu dari terminal mandalike, 10rban..
      Tapi kl ramean, mending pake taksi, kl taksi nya dari senggigi, paling 60rban doank..

      Delete