Bahagia itu sederhana.. terhambur begitu saja di Gunung, Pantai, dan Senja..

Thursday, August 6, 2015

Surat Buat Bapak (3)

Assalamu'alaikum
Bapak apa kabar? :)
Biasanya jam segini bapak lagi baring di kasur main onet,...
ditemenin ibu yang lagi nonton tukang bubur naik haji. Hihihi


Pak,
Hari ini 9 bulan kepergian bapak,
Mbak nen udah cetak lho pak foto keluarga kita yg terakhir idul adha tahun lalu,
Udah dibingkai juga,
Foto bapak waktu naik haji sama ibu juga udah dibeliin bingkainya lho. :)
Rumah mbak eka udah naik 2 tingkat lho pak.. besaaarrr.. :D
Pak,

Kemarin lebaran pertama kita tanpa bapak,
Kita kyk gak ngerasa lebaran di rumah,
Gk ada sungkem2 ke bapak,
Gk ada dapet 50rb lagi dari bapak,
Gk ada yg narik2 dompet dari celana waktu sungkem,

Ibu nangis lagi pak, maaf adek cuma bisa meluk ibu waktu itu.
Karna adek juga gak kuat buat ngomong.

Tapi ada anet pak, anet bisa ijin 5 hari dari kkn nya. :D

Pak,
Bapak udah tau belum?
Mas bowo insyaAllah kalau lancar akhir tahun ini pindah ke malaysia,
Adek kemarin di phk,
Tapi Alhamdulillah, malah jadi jalan mendapat rejeki yang lebih pak,
Memang bener rejeki dari Allah gk bakal ketukar ya pak,

Pak,
Adek hari minggu ini pulang ke pontianak bentar pak,
Mau salim dulu sama ibu,
InsyaAllah hari selasa adek ke malaysia,
Doain lancar ya pak.

Pak,
Bapak baik2 aja kan disana?
Bapak sehat kan?
Udah gk perlu minum obat tiap hari pagi dan malem kan? :)

Pak,
Adek pengen cerita lebih banyak,
Sambil makan kepiting lada hitam di abang kepiting,
Atau sambil ngantar bapak keliling2 ke sekolah2 buat nawarin pas photo,
Adek kangen bapak.  :(


Jakarta, 6-Agustus-2015
Salam Sayang,
Anak bungsu bapak.

Friday, February 6, 2015

Surat Buat Bapak (2)

Assalamualaikum,


Bapak, Apa kabar? :)
Hari ini tepat 3 bulan nih bapak pergi.
Bapak udah tenang kan di sana?

Adek masih di kantor nih pak, lembur. Hehe

Pak, bulan lalu bapak dapet arisan lho pak, yang adek sama mas bowo patungan bayarin bapak.
Sayang banget rasanya dapetnya setelah bapak pergi, padahal adek pengeeeeeen bener liat senyum bahagia bapak kalau dapet arisan itu.


Pak, minggu depan adek ke lapangan nih pak, ada survey, ke site tripatra, ke cepu lagi..
Rejeki bener bisa ketemu temen-temen lagi di sana, walau cuma sehari.
Nginep nya di hotel aston lho pak, pesawat nya juga di kasi Garuda buat PP.. hihihi


Pak, bulan lalu habis umroh, ibu ke Jakarta 10 hari, masih cerita tentang bapak terus,
Cintaaaa banget kayaknya ibu sama bapak tuh pak.
Semoga adek bisa jadi pasangan kayak bapak sama ibu juga nantinya ya pak.


Pak, sampe hari ini, ibu setiap pagi selalu ke makam bapak lho pak,
Bapak tau kan?
Setiap senin sama jumat ibu juga bawain bunga-bunga baru, jadi makam bapak selalu cerah, enaaakk banget diliatnya.


Pak, adek kangen peluk bapak lagi.
Kangen diomelin bapak kalau lupa tutup pintu kamar bapak lagi,
Kangen nemenin bapak makan kepiting sampe-sampe sasya ketiduran.

I wish i could have more time,
Give anything you want, with my salary,
Hug you.. :(



Jakarta, 6 February 2015
Salam Sayang,
Anak Bungsu Bapak

Tuesday, December 2, 2014

Happy Birthday My Love


20 tahun lalu,
Seorang perempuan lahir,
Soerang perempuan cantik yang tumbuh menjadi pribadi tangguh.

Tawa, dan pula air mata,
Tak pernah lepas mengiringi perjalananmu,
Terkadang letih terpendar dari matamu,
Namun semangat tak pernah menjauh.

Bukankah 20 tahun terlalu singkat untuk memaknai kehidupan?
Namun, juga terlalu lama bila hanya duduk manis di bangku sekolahan.

Mungkin dunia mengenalmu lewat IP cumlaudemu,
Namun aku mengenalmu lewat kantung hitam di matamu,
Mungkin dunia mengenalmu lewat gelak tawamu,
Namun aku mengenalmu lewat air matamu,

Bagi dunia, hari ini hanyalah hari selasa,
Bagi dunia, kamu mungkin hanyalah seseorang,
Namun bagi seseorang, kamu adalah dunianya!

Selamat Ulang Tahun ke-20 sayang,
Semoga Allah menjaga mimpi-mimpi kita.. Aaamin..

Jakarta,
2-Desember-2014,
Ade Setio Nugroho

Saturday, November 15, 2014

Surat Buat Bapak

Assalamualaikum,


Bapak apa kabar?
Sudah seminggu semenjak kepergian bapak, mas bowo sudah pulang ke kuwait, adek juga sudah pulang ke jakarta, tapi bapak tenang aja, masih ada mbak eka sama mbak neni yang jagain ibu.

Pak, ibu rencananya mau umroh nih pak, nemenin makwe, dulu kan bapak gak mau diajakin karna kondisi kesehatan, ibu juga gak mau ninggalin bapak, sekarang ibu bisa berangkat tanpa khawatir ninggalin bapak di rumah.

Pak, kemarin ibu nunjukin buku harian bapak dari tahun 1973.. hehehe.. lengkaapp bener, dari tanggal kakek meninggal, ibu keguguran, tabungan2 bapak.. hehe..  gak nyangka, ternyata kegemaran menulis adek dapet nya dari bapak, ibu juga nunjukin surat2 cinta dari bapak dulu sebelum pacaran sama ibu.. :D

Pak, maaf ya kl adek dulu sering ngeluh kalo di suruh2 bapak. Adek nyeseellll banget. Seandainya waktu memang bisa di putar balik..

Pak, bapak tau gak? Dulu, gak sedikit lho yang biasa mencemooh adek karna kadang ninggalin kegiatan buat kuliah dan skripsi. Tapi adek gak peduli pak, soalnya adek janji sama diri adek sendiri, harus lulus cepet, supaya bisa foto pake toga sama bapak. Supaya bisa cepet kerja dan ngerasain gaji adek buat bapak sama ibu.
Ngelihat senyum bapak waktu wisuda adek tuh pak, rasanya, duh, it's so fucking hard to describe it with words.. 

Yang pastinya, persetan dengan orang2 yang mencemooh adek, I had chosen the very right decision.
Lulus cepet dan Alhamdulillah gak sempet nganggur sama sekali..
Adek yakin itu semua berkat doa dari bapak dan ibu.


Pak, adek memang jaraaanng banget bilang sayang ke bapak, tapi bapak tau kan kalo adek sayaaanngg banget sama bapak, orang2 yang deket sama adek pasti sering denger cerita2 hebat tentang bapak dari adek.

Pak, banyak orang bilang kalo bapak dan ibu beruntung punya anak-anak seperti kami,
sesungguhnya mereka keliru pak, kami lah yang sangat beruntung memiliki orang tua seperti bapak, dan ibu. :)

Pak, soal warisan, bapak jangan khawatir, gak ada sedikitpun ribut2 tentang bagi2 harta, kita semua udah sepakat, gak ada pembagian warisan, semua harta yang bapak tinggalkan jadi milik ibu.. adek tapi minta baju muslim sama sarung bapak ya pak, sama baju batik bapak waktu wisudaan adek..
Eh iya, sama minjam kamera nikon d60 nya ya pak.. :D

Oh iya pak, anet ada buat tulisan tentang bapak, ibu sama mbak eka nangis bacanya, anet juga nangis waktu nulisnya katanya, isi nya katanya bapak orang yang hebat dan kami beruntung punya bapak seperti bapak.
Eh iya, anet juga keselip doa tuh supaya bisa jadi bagian dari keluarga bapak.. :D

Pak, udah dulu ya, bapak yang tenang di sana, insyaallah adek kirim al-fathihah buat bapak setiap habis sholat.. adek sayang bapak..


Jakarta, 13-Nov-2014
Salam sayang,
Anak bungsu yang paling bandel
Ade Setio Nugroho

Selamat Jalan Bapak Tercinta...

Innalilahi wainnailaihi rojiun.
Selamat jalan bapak kami tercinta.. Drs. H. Addy Moelono..
Kebanggan kami.. panutan kami..

Kami percaya inilah yang terbaik..
Diangkat segala penyakit nya oleh Allah.. 

di sembuhkanlah bapak dengan caraNya..
Kami percaya penyakit bapak dengan keikhlasan dan seijin Allah,

Insyaallah penggugur dosa2 bapak di dunia..

Bapak, kami ikhlas, bapak yg tenang di sana, 

di perjalanan menuju Surga Allah SWT.
Lewat air mata yang tertahan,
lisan yang mungkin tak terucapkan,
kami titipkan salam perpisahan panjang..
Allah jelas tau, betapa sayang dan berharganya bapak untuk kami..

Bapak, terima kasih, you were the best father in the world..
Terima kasih atas didikan kerasnya hingga kami menjadi kami di hari ini.
Bapak, di saat kepergian bapak yang insyaallah khusnul hotimah,
bapak tanpa suara rintihan sedikitpun,
hanya nafas yang perlahan menurun, dan terhenti.
Gema suara Lailahaillallah menggema di kamar bapak.

Bapak istirahat terakhir dikamar bapak, di kasur bapak, seperti yang bapak pengen..
tanpa infus, tanpa tranfusi, tanpa selang oksigen..
Namun di kelilingi oleh seluruh keluarga kecuali mas bowo..

Bapak, bapak pasti sangat mengerti kan betapa mas bowo pasti sangat ingin menggenggam tangan bapak saat itu, like I did..
Tapi mas bowo masih di perjalanan dari kuwait..
Maaf kita gk kasi tau bapak, kita gk mau bapak maksain diri.
Kita tau bapak udah lelah dan rindu istirahat panjang..

Bapak, bapak tau? Banyak sekali uluran bantuan untuk bapak, bahkan dari orang2 yg gak kenal bapak,
Temen2 adek banyaaakkk sekali berikan dan menawarkan bantuan..
Betapa banyak sekali orang2 yg ingin membantu bapak, karna bapak orang baik..

Bapak, sepertinya tangan adek udah mulai sulit untuk menulis, walalu lelah namun tak akan henti tulisan ini,
Adzan subuh sudah berkumandang,
air mata juga sudah menetes perlahan..
Bapak selamat jalan..
Surga menunggu bapak, sampai ketemu di surga ya pak..
I love you, we love you, more than you had ever imagined..

7 november 2014
Pontianak

Tuesday, October 21, 2014

Welcome the New Life


Welcome the new life
 
Second day, working in Jakarta..
No more bus performa, no more safety shoes, safety glass, safety vest.
Welcome, macet jakarta, 2.5 jam perjalanan pulang pergi..
Welcome, my new career path, new step in my life.
Waktu kecil, melihat orang2 kerja di gedung2 tinggi di sudirman, thamrin, it seems like, oh man, "mungkin gak ya aku ke sana"
And here I am..
Tetap bersyukur, tetap rendah hati.. jangan jadi sombong ya le..

Ade Setio Nugroho,
Instrument Engineer

Tuesday, October 7, 2014

Merapi, Her First Hiking Experience

20-21 Agustus 2014

"Bang, Anet dibolehin naik gunung sama abang"
Adalah 1 kalimat yang menggeparkan duniaku, siapa yang bisa menahan suka cita nya saat bisa membawa orang yang disayang ke gunung, dengan izin dari keluarganya. :D

Ini entah yang keberapa kalinya aku naik gunung merapi, tapi ada yang jelas berbeda kali ini. Hell yeah, it felt so fucking different when you brought the one you love..
For the first time, I thought i need someone to back me up when I guide a beginner at merapi.
Bukan karna aku ragu kemampuanku, hanya saja I wanna give my best for her, give the very safe condition for her. :)

Kadang aku heran, bagaimana mungkin seseorang yang baru 1x ke merapi, berani membawa 3 orang pemula, perempuan pula, sendirian.
Sinting? Iya. I heard that from my friend.

Sudah sejak lama, aku ingin membawa seseorang yang aku sayang ke tempat ini, ya, merapi, tempat yang sudah seperti taman bermain kami.
Aku ingin dia melihat langsung tirai senja dari pos 2,
Aku ingin menggigil bersama di kala temaram tiba,
Aku ingin melihat bintang jatuh bersama,
Dan segala tentang indahnya dunia jauh dari keramahan dan keramaian yogya.

Adakah yang lebih menyenangkan dari ini?
Membawa orang yang disayang berdiri di atas awan,
tersenyum senang setelah merangkak di atas tanah pasir berbatu, berdiri di atas tanah tertinggi di yogya..

I wrote this, "kota menawarkan berjuta kemewahan, tapi alam memberikan keindahan, dengan kesederhanaan".


Hari ini terasa sempurna, bukan karna senja yang membisukan kata.
Hari ini terasa sempurna, bukan karna temaram dan merah jingga nya.
Hari ini terasa sempurna, bukan karna puncak merapi dan kawahnya.
Hari ini terasa sempurna, karena, sederhana, ada dia.
Ada dia yang senyum bahagia dengan naik gunung pertamanya, puncak gunung pertamanya.  :)


Gunung Merapi,
20-21 Agustus 2014

Salam Sayang,
Ade Setio Nugroho

Saturday, May 3, 2014

Field Break Ke-Empat



Ada yang gugur perlahan ketika sayup mata mendayu,
Sebut saja itu rindu,
Ada yang kekal dan berkembang walau jarak membentang,
Sebut saja itu sayang,


(Langit mulai membiru,
diselimuti dingin dan angin yang tak berhenti menderu)

Di hadapan temaram yang masih membisu,
Aku bercerita tentangmu, sayang,
Sebab kukira, merekalah yang tak pernah jemu.


(Surya mengucap salam,
ketika langit mulai berbicara tentang kedamaian)

Di bibir kawah merapi yang sunyi,
Di balik peluh yang tak sempat kubasuh,
Ada langit yang bercerita lewat diam,
Ada aku yang bercerita lewat tulisan, dan harapan.

Untukmu,
Sayangku, 




 

Gunung Merapi,
24-25 April 2014,
5 hari sebelum pendakian ditutup dan status dinaikkan menjadi waspada
Ade Setio Nugroho

Wednesday, March 19, 2014

Field Break ke-3

9-Maret-2014

Field break ke-3

Ketika mata lebih banyak bercerita,
Ketika doa lebih banyak berbicara, Dan mimpi adalah candu untuk kita, 
Sayang, jangan pernah bertanya "kenapa aku",
Karna kau seribu puisi dan lagu mungkin baru cukup untuk menjawabmu.

Salam kecup,
Dalam perjalanan menuju bojonegoro
9-Maret-2014

*Pict From Pradinelicious.blogspot.com

Untukmu, Kekasihku




Pada suatu ketika, yang biasa kita namai senja,

Kita berbicara tanpa suara,
Saat surya hampir mencium ujung dunia,
Namun aku merasa,
Betapa sunyi yang menjalari kita menyimpan rerimbun kata


Kita adalah jiwa-jiwa yang berserakan,
Lalu dipungut oleh takdir yang bukan kebetulan,
Takdir yang lahir dari serpihan masa lalu,
Mungkin pula takdir yang lahir untuk hari-hari baru

Ah.. Biarlah takdir dan nasib sibuk berdongeng tentang akhir cerita,
Sedang kita sibuk merubah-rubah alur cerita,
Toh kita tak pernah perduli,
Sebab kita punya mimipi-mimpi,
Yang bahkan membuat nasib iri

Sayangku,
Terima kasih selalu bersamaku,
walau aku dengan senyum di balik peluh-peluh,
Aku dengan keringat di balik kemeja abu-abu,
Aku yang bahkan tak punya banyak waktu untuk aku

Sayangku, Genggamlah tanganku,
Aku akan berkelana terus,
Mencicipi kerak-kerak semesta,
Hingga kelak, Aku bisa memperkenalkamu, Dunia.

Selamat Ulang Tahun Zaneta Descara,

Bojonegoro, 2-Desember-2013


Salam Sayang,

Kekasihmu yang menulis ini di atas tanah berbatu,

Tuesday, September 3, 2013

My Graduation Day, My Day, My Happiest Day!

Adakah yang lebih berbahagia daripada keluarga saya hari ini? :)


Abang saya bilang, salah satu kebahagiaan terbesar adalah saat orang tua bisa diajak tertawa dan "menggila" bersama..
Yeah.. and this is the day!
There are no things in this world that more important than my family!
i could even kill anyone if they hurt my fam.. *edisi lebay*

Yeah! this is my family,
Great Family definitely..
Seorang Bapak yang pekerja keras tiada banding,
Seorang Ibu yang penuh kasih sayang,

Dua orang kakak yang bawel namun penuh perhatian,
Seorang abang yang tak pernah lelah memberikan arahan..
This is one of the reason of my struggle..
Bapak dan Ibu panjang umur dan melihat anak bungsunya wisuda.. 



My Super Dad n Super Mom



Saya hanya merasa, hutang saya telah terbayar lunas,
Saat di wajah bapak-ibu terlukis senyum yang tak seorangpun mampu menggambarnya..
hari ini.. 27 agustus 2013, genap sudah kebahagiaan dan kebanggaan bapak dan ibu..
Anak bungsu yang selalu pulang jam 1 subuh waktu SMA,
Anak bungsu yang selalu minta disuap makannya saat di rumah,
Anak bungsu yang selalu diingatkan untuk berhenti merokoknya,
Anak bungsu yang selalu diomelin jika naik gunung sendirian,
Hari ini telah menjadi seorang Sarjana..
Orang tua mana yang bisa menahan suka cita di wajahnya,
Saat ke-4 orang anaknya telah menjadi Sarjana..



This is my girl, Zaneta Descara.. Kimia '12 Universitas Gadjah Mada



What should i say? hmm.. little bit speechless actually.. heuheu
Beautifull? Relatively..
Smart? Absolutely!
Kita tak berjanji soal cinta, kita hanya sepakat untuk saling percaya, saling menjaga,

Karna kita sepakat, cinta adalah akibat, bukan sebab..
By the time has gone, i will write more about her.. :)



4 years struggle for these things..
This isn't about my pride..
I dedicate this day, for my lovely father, my lovely mother..
Terima kasih telah memberikan kepada saya pendidikan yang lebih dari cukup, hingga hari ini tiba..
Dan juga kebahagiaan yang tak terhingga..
Mulai hari ini saya akan melanjutkan langkah ke dunia yang lebih nyata..
Terima kasih atas segala apapun, hingga saya menjadi seperti saya di hari ini..



This is my graduation day, my day, my happiest day!

Salam sayang,
Anak bungsu yang paling bandel..
S.T. Ke-4 di keluarga Drs. H. Addy Moelono dan Hj. Maulina
Yogyakarta, 27-Agustus-2013

Sunday, August 18, 2013

Merdeka Itu....

Merdeka itu..
Bukan tentang kebebasan berbuat sesuka hati..
Namun tak punya semangat untuk berbagi..


Bukan tentang berbicara lantang, 

Namun tanpa makna dalam perenungan..


Merdeka itu..
Saat hatimu bebas dari rasa benci yang membelenggu..

Dirgahayu Negeriku..
Salam damai Merah Putih untuk negeri, dari puncak merapi..



Salam Lestari,
Ade Setio Nugroho

Tuesday, July 16, 2013

H-12 Jam Menjadi S.T

seriously, i'm so nervous now..
demam, radang..
buku-buku sudah bertaburan di kamar,
have no idea which one that i should read again..
oh God, Please be nice to me, tomorrow..
Because i do believe, gak ada yang sia-sia..
setiap tetes keringat yang telah jatuh, pasti akan terbayar..
dalam bentuk apapun..

H-12 jam Sidang Pendadaran
H-12 jam menjadi Ade Setio Nugroho, S.T

Monday, July 8, 2013

Skripsi, dan Mimpi?

halo halo haloooo..
sudah sebulan nih gak nulis di blog, lagi selingkuh tiada akhir sama SKRIPSI.. hahaha
harusnya sih sekarang lagi klimaks-klimaknya nih..
minggu lalu, 1juli 2013, dengan penuh deg-degan saya seminar pra pendadaran, dengan setelan yang wuuiihh.. haha
cekidot nih fotonya kalo gak percaya.. soalnya kata kaskus no pict = hoax


Ada satu hal sebenarnya yang selalu ada di kepala saya, sebuah kalimat,
"Mengapa skripsi tetangga selalu terlihat lebih hijau?"
haha, honestly, sometimes i'm envy with the others, saya memulai skripsi lebih dulu dari sebagian teman-teman,
namun sebagian dari mereka lulus duluan.. haha..
however, i know exactly, everyone has their own way,
maybe, in fact, they're more diligent than me.. hehe..

actually, i'm one step closer to be a bachelor engineer..
but, i feel something wierd.. at one side, i wanna finish this as soon as possible,
at the other side, i still wanna enjoy my time being a student..
hehe.. yah, beginilah.. saya dan pikiran saya..

selangkah lagi, saya akan melangkah menuju dunia yang (lebih) nyata..
selangkah lagi, saya mungkin akan mengenakan name tag, celana kain dan kemeja hampir setiap hari..
selangkah lagi, saya mungkin akan menjadi "kuli" di balik meja atau di tengah hutan belantara atau di tengah samudra..
selangkah lagi, saya mungkin akan lebih sering di jalanan penuh polusi dibanding memetik gitar akustik..

namun hal itu brarti,
dua langkah lagi, untuk bisa berkata, "bapak, ibu, ini tiket pesawat buat ke jakarta"
dua langkah lagi, untuk bisa berkata, "mbak, ini uang buat beli obat bapak"
dua langkah lagi, untuk bisa sering memberi makan anak jalanan..
dua langkah lagi, untuk bisa mendirikan sekolah binaan..
dua langkah lagi, saya bisa lebih berarti dari saya yang sekarang ini..
ya, dua langkah lagi..  :)


Marhaban ya Ramadhan.. selamat datang bulan suci ramadhan..
semoga manusia bisa lebih saling menghargai, walau berbeda suku, ras, agama, ideologi..
semoga saya segera sidang pendadaran.. hehe


Yogyakarta, 8-Juli-2013
Salam Hangat,
Ade Setio Nugroho

Wednesday, June 5, 2013

Saya Kangen Rumah!



Saat ini, harusnya saya sedang gencar-gencar nya menulis skripsi, sekarang sudah 5 juni, akhir bulan ini saya harus seminar pra pendadaran, lalu bulan juli saya harus sidang jika ingin wisuda di bulan agustus, tapi entah kenapa lebih mengalir untuk menulis di blog. Skripsi saya banyak masalah, banyak hambatan, sudah beberapa bulan saya menghabiskan waktu di lab dari pagi sampai malam.

Bukan hendak mengeluh saat ini..
Tapi saya hanya merasa sangat lelah, dan lemah
Saya tau betul bukan hanya saya yang sedang berjuang demi embel-embel di nama
belakang ..
Namun saya seperti kehilangan dunia saya,
Dan tiba tiba saya kangen rumah..




Siapa dia?
Drs. H. Addy Moelono namanya..
bapak saya, kebanggaan saya..

yang mendidik saya dengan keras dari kecil..
seringkali orang-orang salah menulis namanya di kertas undangan, karna memang sulit menuliskan namanya..

ini foto 3 tahun lalu, saat bapak masih sehat,
dulu saya mengambil gambar ini dengan keluh kesah di hati..
"ah, gak puas-puas nya ini bapak di foto, gak tau aku capek ya"
dan saat ini, saya sedih, malu dengan diri saya sendiri,
untuk hal kecil seperti itu saja belum bisa berbakti dengan ikhlas..
padahal sekarang berbicara lantang tentang berbakti di pedalaman..

semoga bapak bisa segar kembali, sehat, dan datang ke yogya lagi saat saya wisuda,
akan saya antar kemanapun bapak mau, akan saya fotokan berapa kalipun bapak minta..


sometimes i talk too much, act too much for others, but do nothing or even just a little for my nearest people, like my family.. how could i said, i'm a  sosialist.. 

  *sekedar penyemangat diri saat jenuh dan muak mengerjakan skripsi*



Salam sayang,
anak bungsu yang paling bandel,
Ade Setio Nugroho