Bahagia itu sederhana.. terhambur begitu saja di Gunung, Pantai, dan Senja..

Sunday, May 19, 2019

Honeymoon ke Lombok dan Gili (Lagi)

Gili Air. Honeymoon 2017.
Seharusnya saya menulis ini 2 tahun yang lalu, ketika honeymoon setelah menikah, namun hanya menjadi wacana hingga honeymoon lagi untuk kedua kalinya di lombok dan gili. hahaha

Disini saya akan mencoba menceritakan pengalaman saya berlibur di lombok dan gili tanpa paket wisata, kenapa tanpa paket wisata? Jelas karna lebih murah, dan juga bisa mengatur perjalanan sesuai dengan keinginan.

Liburan saya ke lombok kali ini berdurasi 6 Hari 5 malam, 2 malam di Senggigi dan 3 malam di Gili Meno. Kami memilih Gili Meno karena mencari Gili yang sepi dan juga 2 tahun lalu kami sudah pergi ke Gili air dan Gili Trawangan.

Kuala Lumpur - Lombok International Airport
Saya berangkat melalui Kuala Lumpur, karena saya memang sedang bekerja malaysia, dan juga harga tiket air asia yang sangat teramat murah dibandingkan domestik flight di Indonesia. Penerbangan dari KL menuju Lombok adalah direct flight dengan durasi penerbangan 3 jam. Kami menggunakan flight sore, jam 16.45 dari KL, tiba di Lombok sekitar jam 21.00

- Biaya:
Return Tiket 2 Orang, KL-Lombok, Lombok-KL = 458RM (Ringgit Malaysia)

Lombok International Airport - Senggigi
Ada beberapa pilihan, Taksi atau Bus Damri. Bus damri ini dengan tujuan Mataram dan Senggigi.  Bus pertama sudah siap dari penerbangan pertama yang tiba di Lombok, bus terakhir akan jalan setelah penerbangan terakhir yang tiba di Lombok mendarat. Tapi jika tiba di Lombok malam hari, opsi menggunakan bus damri agak sulit jika menuju senggigi, karna saat perjalanan saya kemarin supir bus damri hanya ingin sampai di Mataram saja. Jadi untuk yang tiba di malam hari dan ingin naik bus damri, pastikan terlebih dahulu kalau supir bus nya mau stop di senggigi.

- Biaya:
Taksi      = 180-200rb (tawar menawar dengan driver, harga di counter pastinya saya kurang tau)
Bus Damri = Mataram 30rb, Senggigi 40rb

Senggigi
Kami menginap 2 malam di senggigi, tepatnya di hotel Mama Bella's Retreat. Hotel ini terletak sekitar 200-300m masuk ke dalam gang dari jalan utama pantai senggigi. Rating di booking.com 9. Satu-satunya kekurangan dari hotel ini hanyalah lokasi, selain itu perfect. Tempat yang sunyi, bersih, pegawai yang sangat ramah. Ini kali kedua kami menginap disini. Jika mencari ketenangan dan kesunyian, Mama Bella's Retreat adalah pilihan yang sempurna.

Mama Bella's Retreat (1). Source Booking.com
Mama Bella's Retreat (2). Source Booking.com
Ketika di senggigi, kami malah lebih banyak menghabiskan waktu ke Mataram untuk wisata kuliner. hahaha. Sebab ini sudah kali kedua kami ke senggigi. Kami wisata kuliner yang menjadi khas dari lombok yaitu ayam taliwang, dan pada malam harinya kami mencoba Sate Rembiga.
Untuk sate rembiga + plecing kangkung nya very very recommended!
Kuliner yang wajib didatangin kalau ke mataram.

-Biaya:
Queen Room 2 malam = 855rb
Sewa Motor                  = 50rb
Sate Rembiga yang rasanya juara!
Ayam Taliwang
Senggigi - Gili Meno
Penyebrangan ke Gili Meno melalui pelabuhan bangsal, dari senggigi menuju pelabuhan bangsal dibutuhkan sekitar 30-40 menit perjalanan menggunakan mobil. Di pinggir jalan utama pantai senggigi banyak sekali operator-operator wisata yang menawarkan jasa untuk transport ke pelabuhan bangsal. Penginapan kami, Mama Bella's Retreat bisa membantu memesankan transport menuju ke bangsal dari elf, slow boat, dan juga fast boat.
Penyebrangan dari bangsal ke 3 Gili dan juga sebaliknya (Gili Air, Meno, Trawangan) bisa menggunakan 2 opsi, yaitu slow boat dan fast boat.
Kami memesan travel untuk ke bangsal sekaligus penyebrangan ke gili dari penginapan. Elf akan datang menjemput berkisar jam 8.30-09.00.

-Biaya:
Elf + tiket slow boat 2 orang             = 160rb (@80rb)
Cidomo gerbang retribusi - bangsal  = 20rb
Slow Boat

Welcome to Gili Meno

Gili Meno 2019

Gili Meno 2017 (sebelum gempa 2018).
Slow boat dari bangsal menuju gili meno hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Gili meno terkenal dengan pantai nya yang sangat jernih bahkan pelabuhan nya saja sudah sangat indah.
Cidomo
Di Gili Meno kami menginap 3 malam di penginapan Meno Suites, penginapan ini memiliki private pool dengan harga yang terjangkau, kekurangannya adalah lokasi nya di tengah pulau, bukan di pinggir pantai. Untuk menuju ke Meno suites bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan cidomo (seperti delman) karna sama halnya dengan gili air dan gili trawangan kendaraan yang menggunakan bahan bakar tidak boleh digunakan, jadi hanya ada 3 jenis kendaraan di sini yaitu Sepeda, Cidomo, dan Motor listrik.
-Biaya:
Meno Suites 3 malam = 2jt
Cidomo                       = 100rb 
Meno Suites with Private Pool


Aktivitas di Gili
1. Snorkling
Saran saya, jika ingin snorkling, jangan menyewa alat snorkle nya saja, tapi ikut trip yang diadakan operator di sana setiap hari, trip sudah include glass bottom boat dan juga alat snrokle, menggunakan boat kita akan dibawa ke spot-spot terbaik disekitar Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ada 2 jenis trip, trip umum dan private, untuk trip umum akan gabung dengan wisatawan-wisatawan lain. untuk trip private khusus untuk kita saja. Durasi trip nya berkisar 5 jam sudah include istirahat makan siang (makan siang bayar sendiri) dimulai pagi hari sekitar jam 8 pagi. Informasi trip snorkling bisa didapat dari penginapan atau dengan mencari di sekitar bagian utama pulau.
Biaya:
Trip Umum   = 100-150rb/orang
Trip Private   = 600rb/boat

2. Sepedaan Keliling Pulau
Sepedaan keliling pulau di sore hari adalah hal yang menyenangkan di gili, karna lumayan jauh jika berjalan kaki. Namun jika malas bersepeda atau jalan kaki, ada opsi lain yaitu menggunakan cidomo.
Biaya:
Sewa Sepeda    =  50rb/sepeda
Carter Cidomo =  250rb

Sepedaan sore-sore di Gili Air. Foto Honeymoon 2017.
Sepedaan sore-sore di Gili Air. Foto Honeymoon 2017 (2).

3. Dinner di Pinggir Pantai
Menikmati ikan bakar atau seafood dengan suasana pinggir laut, lampu remang-remang atau lilin, adalah hal romantis yang bisa dilakukan di Gili.
Biaya:
Dinner seafood / ikan bakar 2 orang = 200-300rb
Ikan Bakar di Gili Meno
4. Diving
Maybe next time, belum ada pengalaman yang bisa dibagikan.

5. Sunset/Sunrise
Bersepeda di sore hari, sembari menikmati suasana senja, dan kadang ada berapa penjual bakso tusuk di Gili Air dengan harga yang masih sangat wajar.
Sunset di Gili Air. Foto Honeymoon 2017.

Gili Meno - Bangsal
Ada 2 pilihan, menggunakan fast boat atau slow boat, kami memilih menggunakan fast boat karna kepastian jadwal keberangkatan dari gili meno, sedangkan slow boat akan berangkat ketika boat penuh. Jadi jika waktu mepet untuk mengejar waktu penerbangan, saya sarankan menggunakan fast boat, tapi kalau santai dan jarak waktu ke penerbangan jauh, bisa menggunakan opsi yang lebih murah yaitu slow boat.

Biaya: 
- Fast Boat    = 85rb/orang
- Slow Boat  = 14rb/orang
Jadwal Fast Boat

Bangsal - Pantai Kuta Mandalika - Lombok International Airport
Dari bangsal, kami tidak langsung menuju bandara, tapi mampir sebentar ke pantai kuta mandalika. Kami mencarter supir taksi yang dulu kami gunakan ketika dari Bandara menuju Senggigi. Sebenarnya di bangsal sendiri banyak tersedia travel dan juga taksi, tapi kami tidak tahu range harga nya dan lebih memilih dengan orang yang sudah kami tau dan juga supir taksinya bersedia untuk mampir solat jumat dan makan siang di mataram diperjalanan menuju pantai kuta mandalika.
Perjalanan menuju kuta mandalika dari bangsal sekitar 1.5jam. Pantai Kuta mandalika terletak di selatan pulau lombok, cukup menarik sebagai tempat persinggahan, karna pendapat subyektif saya suasananya kurang hidup untuk menginap. Dibandingkan pantai senggigi, kuta mandalika lebih bagus, namun untuk suasana malam hari, senggigi jauh lebih menarik.
Biaya:
Bangsal - Bandara Lombok = 250rb  (jika tidak mampir ke Kuta Mandalika, seharusnya biayanya segini, karna untuk menuju Kuta mandalika, sudah melewati bandara, dan harus balik lagi)
Bangsal - Pantai Kuta Mandalika - Bandara Lombok = 350rb
Pantai Kuta Mandalika
Tuan Putri yang lagi gendong dedek di dalam perut :)

Overall, Lombok dan Gili adalah destinasi wisata yang sangat saya rekomendasikan, ini adalah ke-5 kali nya saya ke Lombok, dan mungkin akan ada ke-6 kalinya yang insyaAllah sudah ber-3. :)
Mengapa saya merekomendasikan? Karena cukup mudah walau tanpa paket wisata apapun, untuk explore lombok sendiri tinggal sewa motor dengan harga 50rb/hari, untuk explore gili hanya perlu sewa sepeda, dan akomodasi banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget untuk penginapan, tempat makan, transportasi dll.

Dari Gili Meno, Air, Trawangan yang mana yang paling recommended? Tergantung apa yang dicari.

Gili Trawangan : Gili yang paling ramai, fasilitas paling lengkap, restoran banyak, bar dan party hampir setiap malam.

Gili Air : Tidak seramai Gili Trawangan, namun juga memiliki fasilitas yang banyak.

Gili Meno : Pantai yang paling bagus diantara gili yang lain, sepi, fasilitas sangat sedikit. 

Personally, saya sangat suka Gili Air, karena pengunjung nya tidak terlalu ramai, namun tetap memiliki fasilitas yang banyak, banyak pilihan restoran pinggir laut, dan juga banyak pilihan penginapan.

Tambahan Informasi dan saran:
1. Karena harga-harga cemilan-cemilan, pop mie, dll sangat mahal di Gili. Belilah Cemilan ketika masih di Lombok.
2. ATM tersedia di semua Gili.
3. Gunakan Fast Boat jika terburu-buru dengan jadwal pesawat, karena fast boat ada kepastian jam keberangkatan walaupun hanya 1 penumpang.
4. Booking hotel sebelum keberangkatan, bisa via booking.com, Agoda, dll. Range harga dimulai dari 150rb-2jt/malam. Bisa disesuaikan dengan bugjet. Selalu compare harga booking.com dan Agoda sebelum reserve, karena terkadang di di Agoda lebih murah untuk hotel tertentu dan juga sebaliknya.
5. Tidak semua makanan mahal di Gili, jika ingin hemat bisa mencari warteg-warteg di tengah-tengah pulau dengan harga yang bersahabat. Di Gili trawangan ada semacam pasar malam yang menjual traditional food, nasi goreng, sate, dll, dengan harga bersahabat.
6. Jika tiba di bandara lombok malam hari dan berencana menggunakan bus damri ke senggigi, pastikan terlebih dahulu ke supir bus nya, jika bus nya akan berhenti sampai di senggigi, bukan hanya stop di mataram.
7. Jika ingin sekalian berlibur ke bali, ada fast boat yang langsung dari bali (padang bay) menuju gili. Jadi bisa berlibur dengan rute Lombok-Gili-Bali dan sebaliknya, atau jika hanya ingin Bali-Gili tanpa perlu mampir ke Lombok.


Semoga bermanfaat dan informasinya membantu temen-temen yang ingin berlibur ke Lombok dan Gili tanpa paket wisata.

Ade Setio Nugroho,
Ditulis di Malaysia.  Untuk Honeymoon ke-2 di Lombok dan Gili 21-26 April 2019.
19-Mei-2019



1 comment:

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete